Selasa, 17 April 2012

DPRD Kabupaten Seram Bagian Timur Belajar pada Bumi Tegar Beriman


“…DPRD Kabupaten SERAM Bagian Timur MALUKU, Lakukan KUNJUNGAN Study Banding ke Pemkab BOGOR…”

"...Komisi B DPRD Kabupaten Seram bagian Timur Provinsi Maluku saat Kunjungan Studi Bandingnya ke Pemkab Bogor..."


"...Komisi B DPRD Kabupaten Seram bagian Timur Provinsi Maluku saat Kunjungan Studi Bandingnya ke Pemkab Bogor..."
 
“…NRMnews - BOGOR, Komisi B DPRD Kabupaten Seram bagian Timur Provinsi Maluku menggelar studi banding di Pemerintah Kabupaten Bogor membahas pelayanan kemasyarakatan yang bertempat di Gedung Sekretariat Daerah Kabupaten Bogor, pada Senin 16 April 2012 lalu.
Studi banding ini secara langsung diterima oleh Asisten Ekonomi dan Pembangunan, Edy Junaedi. “…Edy mengatakan, penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kemasyarakatan di Kabupaten Bogor ditunjang dengan adanya sinergitas antara pemerintah, kalangan dunia usaha, dan masyarakat sebagai modal utama terbentuknya kepemerintahan yang baik.
“ Sikapi studi banding ini sebagai sarana pertemuan yang saling memberi pengalaman juga pertukaran pikiran agar dapat meningkatkan kerjasama dearah dalam berbagai bidang sebagai wujud kinerja pemerintahan dan pembangunan yang baik”, ujar Edy Junaedi.
Ia menambahkan, melalui studi banding ini, ke depan kita dapat meningkatkan kerjasama dalam rangka mengembangkan potensi unggulan daerah baik di Kabupaten bogor maupun di Kabupaten Seram Bagian Timur Provinsi Maluku, dengan berpijak pada komitmen untuk memberikan pelayanan prima bagi masyarakat.
"...Komisi B DPRD Kabupaten Seram bagian Timur Provinsi Maluku saat Kunjungan Studi Bandingnya ke Pemkab Bogor..."
“ Pelayanan prima merupakan isu yang paling penting, seiring dengan banyaknya tuntutan masyarakat terhadap lembaga birokrasi serta meningkatnya kecerdasan dan daya kritis masyarakat dalam menyikapi fenomena yang terjadi dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan”, tandas Edy Junaedi.
Penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan, lanjutnya, melalui otonomi daerah menjadi tantangan tersendiri untuk meningkatkan kekuatan, kemampuan, dan kemandirian daerah dengan memberikan penekanan khusus pada aspek pelayanan dan pemberdayaan masyarakat.
“ Dalam implementasinya di tingkat desa maupun kelurahan, kebijakan dan pelaksanaan pembangunan diarahkan untuk mengembangkan kemandirian, keswadayaan dan keswasembadaan masyarakat setempat, dengan didukung oleh penguatan kelembagaan dan kapasitas seluruh elemen masyarakat sehingga mampu menjalankan perannya secara optimal”, ungkap Edy Junaedi, dalam rilis yang disampaikan ke redaksi NRMnews oleh Diskominfo Pemkab Bogor.
Sementara itu, pimpinan rombongan Kabupaten Seram Bagian Timur Provinsi Maluku, Muhammad Yusuf Baitaha mengatakan, studi banding ini sebagai sarana untuk saling bertukar informasi karena banyak kekurangan dari berbagai bidang dimana Kabupaten Seram Bagian Timur baru terbentuk pada tahun 2003 salahasatunya membahas alih fungsi hutan.
"...Komisi B DPRD Kabupaten Seram bagian Timur Provinsi Maluku saat Kunjungan Studi Bandingnya ke Pemkab Bogor..."
“ Kabupaten Bogor sebagai guru kami untuk membahas berbagai Peraturan daerah (Perda) sebagai strategi dan bahan referensi untuk meningkatkan pendapatan asli daerah agar semakin berkembang seperti Kabupaten Bogor ini, sebagaimana yang kami ketahui Kabupaten Bogor dinilai cukup baik di negara ini”, ungkap Muhammad Yusuf Baitaha.
Ia menambahkan, aparatur penyelengaraan pemerintah daerah, otonomi daearah sangat penting untuk meningkatkan pelayanan pembangunan berhubung Komisi B DPRD Kabupaten Seram Bagian Timur Provinsi Maluku membidangi keuangan, kesejahteraan sosial dan ekonomi.
“ Studi banding ini dapat memberi banyak manfaat untuk menguatkan penyelenggaraan pemerintahah daerah sebagai tanggung jawab untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan pembangunan daerah, hilangka asumsi identik bahwa Bagian Timur itu daerah tertinggal, teisolir, serba kurang, maka pentinglah belajar pada Pemerintah Kabupaten Bogor”, tegas Muhammad Yusuf Baitaha.
Selain dihadiri oleh Asisten Pembangunan, studi banding Kabupaten Seram Bagian Timur Provinsi Maluku ini juga dihadiri oleh SKPD di lingkup Pemerintah Kabupaten Bogor. Dalam acara ini juga dilaksanakan pemberian cinderamata dari Pemerintah Kabupaten Bogor pada Komisi B DPRD Kabupaten Seram Bagian Timur Provinsi Maluku maupun sebaliknya.
( Diskominfo Pemkab Bogor – Red NRMnews / Eka Shantika )







Tidak ada komentar:

Posting Komentar