gravatar

KNPI SBT Dukung Pemekaran Kecamatn Pulau Gorom-Wakatei

Bula-Maluku 24/04,Ketua Komite Nasional Pemuda (KNPI) Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), Sidik Rumaloak mendukung sepenuhnya upaya Pemerintah SBT untuk memekarkan SBT menjadi Tiga Kabupaten yakni, Kabupaten dataran Hunimua, dan Kabupaten Pulau Gorom yang meliputi Wakatei dan Teor.
Alasan pemekaran ini sebagai bentuk kebutuhan karena jarak pulau di Kabupaten SBT sangat jauh, sebelumnya Bupati SBT Abdulah Vanat mengatakan karena SBT terdiri dari Pulau-pulau dengan jarak yang sangat jauh seperti Kecamatan Teor dan Kecamatan Wakatei yang sangat jauh dari Kabupaten sehingga membutuhkan anggaran yang cukup besar.
Sidik mengakui untuk melakukan pengurusan pengurusan ke Kabupaten induk Kecamatan Waketei dan Teor harus mengeluarkan anggaran yang sangat besar sehingga agar pelayanan publik dapat dijangkau dengan muda maka harus dilakukan pemekaran Pulau Gorom dan dataran Hunimua.
Lebih lanjut Sidik mengatakan, tujuan melakukan pemekaran tersebut bukan untuk melepas tanggungjawab, namun agar dapat menjawab semua kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan public.”apa yang disampaikan oleh Bupati itu adalah sebuah solusi yang sangat tepat, dan kitta harus memberikan dukungan terhadap niat baik Pa Bupati (Abdulah Vanat) sehingga semua dapat terpenuhi.
Dia mengakui KNPI SBT telah sejak awal membantu Pemerintah SBT untuk mempercepat pemekaran khususnya wilaya Hunimua dan Pulau Gorom dan Wakatei yang sesuai pernyataan Bupati Abdulah Vanat akan dilakukan pada tahun 2013 nanti, khusus untuk Pulau Gorom dan Wakatei menurut Rumaloak Pemerintah SBT telah mempersiapkan Infrastruktur termasuk pemekaran sejumlah Dusun menjadi Desa, dan Desa menjadi Kota Kecamatan.
Sidik Rumaloak mengakui kalau Pulau Gorom dan Wakatei tidak dimekarkan maka pelayanan public dan pembangunan tidak berjalan dengan efektif, bahkan sidik mengatakan Pulau Gorom sudah sangat layak untuk dimekarkan menjadi Kabupaten karena telah memenuhi syarat yakni jumlah desa, penduduk dan luas Wilayah.Pait 
Sumber : Saradan

Design @RayyaGiri

Entri Populer